Genre dan Istilah didalam Anime

Ini dia nih beberapa istilah dan pengertian tentang Genre di dalam anime yg di jeniskan dari alur cerita tujuan maupun dari karakter scenenya.


Bishoujo : anime atau manga yg dibikin khusus buat kesenangan cowok. Pada intinya character ataupun tokoh di anime ato manga ini kebanyakan cewek cantik.
Bishounen : anime atau manga kebalikan dari "Bishoujo", yaitu khusus buat kesenangan cewek. Yah tentunya banyak disini yg character ato tokohnya cowok ganteng.
Harem : jenis anime ini bersifat tokoh utama cowok yg dikelilingi banyak cewek.
Mecha : anime atau manga yg unsurnya robotic / robot / Mechanical dan perang. Awalnya untuk shonen tapi shojo juga ambil bagian. (misal : gundam atau magic knight rayeart dan sejenisnya)
Magical Girl :  berunsurkan sihir dengan main chara shoujo. Sailormoon contohnya
Sentai : anime berjeniskan kemiliteran atau berunsurkan Militer, biasa sih berceritakan sejarah nyata seperti Perang Dunia I dan Perang Dunia II.
Senshi : Unsur-unsurnya sih sama seperti sentai tapi seringnya dipake buat group shoujo.
Shoujo-ai : anime ini bertema girl relationship (hubungan cewek x cewek), cuma sebatas pertemanan dekat, tidak ke taraf seksual.
Shonen-ai : anime genre ini kebalikan dari Shoujo-ai, yg bertema boy relationship, ato hubungan cowok x cowok, tidak ke tarap seksual juga.
Yuri : anime atau manga bertema cewek x cewek (tingkatnya diatas genre shoujo-ai) karena bertaraf seksual.
Yaoi : genre ini kebalikan dari Yuri, bertema cowok x cowok (tingkatnya diatas genre shonen ai), bertaraf seksual.
Ecchi : anime ini menunjukan konten vulgar tetapi masih berkonten porn ringan. Ecchi adalah lafalan bhs. Jepang di huruf  ‘H’ sedangkan 'H' ini berasal dari huruf pertama Hentai, tapi genre ini masih dibawah tingkatan Hentai.
Hentai : masa yang satu ini perlu dibahas #tepokJidat. okelah, satu ini anime atau manga yang berbau seksual. anime atau manga yang berada diatas tingkatan genre Ecchi.
Cosplay : singkatan dari costum play atau juga disebut cosu. Suatu Iven dimana Anime lovers berkreasi dengan kostum yang dipakai. Cosplayer biasa mengambil thema Kostum dari model character atau tokoh didalam sebuah anime.
Chara : chara ini dimaksudkan dari kata "Character", yaitu tokoh atau character didalam suatu anime.
Doujinshi : sejenis fanart, yaitu membuat cerita sendiri dengan character dari anime yg sudah ada ato yang sudah populer.
Fanservice : adegan yg sengaja dibikin oleh si mangaka untuk merefresh pikiran para fans dan umumnya fanservice berbau mesum atau ero.
Fanart : karya fans berupa gambar character yang diinspirasi dari anime favorit mreka.
Fanfic : kependekan dari fanfiction, sebuah  karangan ato cerita dari fans memakai character atau tokoh ataupun merubah / mengembangkan cerita dari sebuah anime.
Figure : boneka yang dibentuk dari character/tokoh di dalam anime/game/manga.
Fujoshi : panggilan buat cewek" yang demen anime atau manga genre shonen-ai atau yaoi.
Fudanshi : panggilan buat cowok" yang demen anime atau manga genre shonen-ai atau yaoi.
Manga : adalah komik namun didalam bahasa Jepang, diluar Jepang kata tersebut dipakai untuk membicarakan tentang komik Jepang.
Mangaka : adalah orang yang menggambar manga, bisa dipanggil juga komikus kalau di indonesia.
Otaku : panggilan untuk orang yang freak abis sama sesuatu (anime,manga,game).
Lolicon : pria dewasa yang suka sama anak kecil perempuan.
Shotacon : wanita dewasa yang suka sama anak kecil laki-laki.
OAV/OVA : singkatan dari Original Video Animation, format dari anime tetapi yang tidak ditayangin di Televisi, yaitu  format video yang dijual bebas di pasaran.
SD : yang satu ini bukan Sekolah Dasar, tapi Super Deformed. Istilah ini dipakai dalam penggambaran karakter atau tokoh anime / manga dengan ukuran kerdil, tetapi proporsi tubuh tetep pas.
Chibi : beda lagi  dg SD. Chibi ini lebih berkesan ke cute atau imut. Beti, beda tipis sama SD, chibi  ini kepalanya lebih besar. Biasa dipakai di dalam adegan Joke.
Seiyuu : Biasanya kita panggil dubber, atau pengisi suara.
Ero : hal yang berbau mesum atau erotisme.
Yaoi : (adalah sebuah singkatan dari yama-nashi Ochi-nasi Imi-nashi) istilah lain Boys Love atau shonen ai. Istilah ini untuk anime ataupun manga yang berbau homoseksual.
Yuri : Yuri ini kebalikan dari Yaoi, adalah istilah untuk anime/manga berbau lesbian.
Fukidashi :pada manga atau komik kan ada tuh balon-balon, nah itu dia balon / tempat / bagian dialod pada manga disebut "Fukidashi"
Omake : ini adalah cerita pendek, biasanya sebagai bonus gitu di manga.

dan banyak lagi menurut genre berbahasa mainstream seperti Drama, Comedy dll.
Yosh, sekiranya cukup senpai bisa tinggalin komentar siapa tau jadi lebih inspiratif. ty ^^