Hotaru No Haka

Spirited Away
Hotaru No Haka
火垂るの墓
Alternative Name : Grave of Fireflies | Kuburan Kunang-kunang
Type : Movie
Aired : -
Episodes : 1
Status : Tamat
Duration : 1 hr. 28 min.
Category : Drama | Historical
Rating : PG-13 - Teens 13 or older


Jepang diserang oleh Amerika, ketika itu tahun 1945. Dunia tidak melihat kesakitan mereka, dunia tidak merasa betapa sakitnya kehilangan family dan juga kehilangan kebahagiaan. Dunia hanya tempat kunang-kunang itu singgah kemudian mati. Ya, anime jadul ini menceritakan penderitaan akibat dari peperangan. Anime lawas ini menceritakan bahwa kemanusiaan tidak lagi ada ketika peperangan itu tidak berhenti.

Hotaru no Haka (Grave of Fireflies atau kuburan kunang-kunang) berkisah tentang Seita. Seorang pemuda, putra dari seorang kolonel angkatan laut dan adik perempuannya Setsuko, yang harus berjuang sendirian di tengah peperang yang begitu kejam. Ketika itu, ayah Seita berangkat bertugas ke medan perang. Seita yang merasa seorang lelaki dikeluarganya setelah ayahnya berangkat, berupaya menjaga ibu dan adiknya (Setsuko)yang saat itu juga sedang sakit.

Akan tetapi, ketika dipengungsian ibu mereka mengalami kecelakaan. Tubuhnya penuh luka bakar dari ledakan bom penyerangan musuh. Tidak ingin adik kecilnya bersedih, Seita pun menyembunyikan kematian ibunya dan bertekad tidak akan meninggalkan adik kecilnya.

Alternatif mereka tinggal dirumah bibinya, akan tetapi bibi mereka mengalami kendala pakan dan kelamaan tidak menyukai Seita dan Setsuko (adiknya) tinggal disana. Seita mengambil bahan pakan dan sisa-sisa yang dia simpan di timbunan pekarangan rumahnya untuk bibi dan mereka makan. Akan tetapi tak lama habis. Beralasan bahwa mereka mengurangi jatah pakan, sampai-sampai sang bibi menjual Kimono tinggalan dari ibu Seita hanya untuk dibelikan beras (kalau di live action, ring ibu mereka yang ditukar dengan beras).

Merasa tertekan, merasa tidak nyaman dirumah bibi mereka. Melihat hal itu Seita akhirnya memutuskan untuk pergi dan pindah ke suatu tempat yang telah mereka temukan sebelumnya, yaitu tempat perlindungan bom yang ditinggalkan. Setsuko takut, begitu gelap disana.. Mereka melepaskan kunang-kunang yang menjadi tempat berlindung untuk cahaya, tapi ketakutan Setsuko datang lagi karena hari berikutnya mereka semua mati. Dia menggali kuburan mereka dan menguburkan kunang-kunang itu semua. Bertanya "mengapa mereka harus mati?", "dan mengapa ibunya harus mati?", "Apanya yang kesempatan untuk hidup, tumbuh suram karena mereka kehabisan beras?". Seita terpaksa mencuri dari petani lokal dan menjarah rumah selama serangan udara. Ketika ia tertangkap, ia menyadari, putus asa dan mengetahui penyakit adik kecilnya yang semakin parah...

Seseorang yang membuat Seita tidak putus harapan telah tiada... satu-satunya alasan untuk berjuang telah tidur dan tidak akan terbangun lagi..


Hotaru No Haka Subbed
  • Hotaru No Haka / Grave of Fireflies
  •                      
  • Mediafire
  •