Biodata Monkey D. Luffy



Nama Lengkap
Monkey D. Luffy (モンキー・D・ルフィ Monkī Dī Rufi)
Julukan
Luffy si Topi Jerami (The Strawhat / Mugiwara no Rufi)
Panggilan
Luffy
Kelompok
Dadan Family (Dulu), Bajak Laut Topi Jerami (Sekarang)
Jabatan
Kapten
Tgl Lahir
5 Mei
Umur
7 (Chapter 1), 17 (Chapter 1-597), 19 (Chapter 598-Sekarang)
Tinggi
172 cm
Hobi
Makan Daging
Kekuatan
Buah Iblis Gomu - Gomu (Buah Karet)
Tipe Buah Iblis
Tipe Paramecia
Jurus
Gomu - Gomu No Pistol, Gomu - Gomu No Gattling, Gear 1,2,3 dll
Cita - Cita
Menjadi Raja Bajak Laut
Harga Buruan
30.000.000 (Dulu), 100.000.000 (Dulu), 300.000.000 (Dulu), 400.000.000 (Sekarang)

Monkey D. Luffy adalah karakter utama dalam cerita anime dan manga One Piece. Ayah Luffy adalah Komandan Tentara Revolusioner Monkey D. Dragon, kakeknya adalah Monkey D. Garp yang merupakan mantan Wakil Admiral Angkatan Laut yang juga merupakan Pahlawan untuk Angkatan Laut. Kakak angkatnya adalah Portgas D. Ace yang merupakan anak kandung Gol D. Roger dan ibunya Portgas D. Rouge.

Kepribadian dan Karakter
Eiichiro Oda menciptakan karakter Luffy yang Jantan, namun memilki sifat yang Lucu. Bodoh, Konyol, dan Ramah. Luffy sama sekali tidak mengerti mengenai laut dan memiliki banyak kekurangan, oleh karena itulah dia mencari anggota bajak laut yang bisa melengkapinya dan bersama - sama mencari One Piece. Sebagai Kapten, Luffy merasa memiliki tanggung jawab yang besar untuk melindungi seluruh anggota kelompoknya. Dia akan sangat marah jika ada yang menyakiti anggota kelompoknya ataupun teman - temannya. Walaupun Luffy juga dikenal sebagai sumber masalah dan merepotkan anggota bajak laut yang lain, namun sebagai Kapten seluruh anggota kelompoknya sangat menghormati keteguhan hati dan keputusannya. Luffy sama sekali tidak pernah membunuh musuhnya, karena bagi Luffy kehilangan harga diri karena dikalahkan akan lebih menyakitkan daripada merenggut nyawa.

Kisah Awal
Luffy berasal dari Desa Fusha (Fuschia) di East Blue. Pada masa kecilnya dia diasuh oleh kakeknya Monkey D. Garp. Kemudian Luffy dititipkan pada keluarga Bandit Dadan, disanalah Luffy dikenalkan dengan saudara barunya Portgas D. Ace. Teman Ace yang bernama Sabo dikenal sebagai pencari harta. Ace pun mengikutinya dengan bekeja sama dengan Sabo. Saat luffy dititipan oleh Garp di rumah Ace, maka proyek pengumpulan harta yang dilakukan oleh Ace dan Sabo diikuti diam-diam oleh Luffy. Dan akhirnya mereka bertemu dan menjadi 3 bersaudara.

Ketika Monkey D Luffy masih kecil, dia bertemu kelompok bajak laut yang singgah di desanya. Kelompok bajak laut tersebut dipimpin oleh Shanks (Red Haired Shanks) dan Luffy ingin sekali bergabung dengannya. Luffy menusuk bagian bawah matanya dengan pisau sebagai tanda bahwa ia mempunyai keberanian, tetapi Shanks tetap menolaknya. Setelah Luffy bertemu dengan Higuma, Luffy diculik oleh kawanan perompak gunung dan Luffy dibawanya ke laut. Shanks menolongnya walaupun harus kehilangan sebelah tangannya. Ternyata alasan Shanks menolak Luffy adalah karena dahsyatnya lautan. Kemudian Luffy berjanji akan melebihi Shanks dan menjadi raja bajak laut lalu Shanks memberikan topi jeraminya dan berkata:
"Kuberikan topi berhargaku ini padamu, kelak kau harus mengembalikannya padaku"
Karena Topi Jerami yang khas itulah Monkey D. Luffy diberi julukan Si Topi Jerami.

Harga Buruan
Awalnya, kepala Luffy dihargai 30 juta Berry setelah mengalahkan Arlong dan menjadi harga tertinggi di wilayah East Blue (Nilai nominal untuk kriminal di East Blue adalah 10 juta Berry). Kemudian dia meraih harga 100 juta Berry untuk kepalanya setelah mengalahkan Crocodile, salah satu dari Sichibukai, dan naik menjadi 300 juta berry setelah peristiwa di Enies Lobby. Lalu harganya naik menjadi 400 juta berry setelah peristiwa Impel Down.


Sumber : One Piece Lover, Wikipedia, dan Wikia