Ujian Hunter

Gon mengikuti ujian hunter yang ke-287 setelah diijinkan oleh bibi Mito. Pada saat perjalanan ke tempat yang akan diadakannya ujian tersebut, Gon bertemu dengan Kurapika dan Leorio dan menjadi sebuah pertemanan awal untuknya. Berawal dari perbedaan pendapat satu sama lain akan tetapi dari itu akan menjadi sebuah perkenalan diantara mereka. Apalagi ketika itu Gon mempercayai dan mempertaruhkan keselamatannya ketika menolong salah satu awak kapal kepada Leorio dan kurapika.
Dan sesampainya mereka di lokasi ujian, bertemulah Gon dengan killua pada ujian Tahap 1 yang diuji oleh penguji satotsu. Selain itu mereka juga bertemu karakter lainnya seperti Hisoka, Hanzo dll.
Terdapat 5 tahap diujian Hunter ini.

Tahap 1 Ujian Hunter
Setelah sebelumnya seleksi peserta yang tanpa mereka sadari ketika perjalanan ke lokasi ujian, seperti daya tahan gelombang badai di lautan dan kuis dari penyeleksi awal. Pada tahap ini para peserta menjalani ujian marathon dari penguji Satotsu. Mereka diuji berdasarkan ketahanan fisik. Ditengah ujian tahap pertama ini juga Gon dan yang lainnya menyadari betapa kuat musuh mereka, bahkan sempat terjadi baku hantam dengan Hisoka dan mereka tak bisa berbuat banyak. Namun pada akhirnya bisa melalui dikarenakan Hisoka yang berjiwa pembunuh memberikan kesempatan kepada mereka karena melihat potensi mereka.

Tahap 2 Ujian Hunter
Ditahap kedua ini para peserta harus mengikuti tantangan dari Menchi yang dibantu oleh Buhara yang mana mereka adalah seorang Hunter Citarasa. Tidak ada satupun dari peserta yang diloloskan pada tahap ini, sebuah ujian memasak yang menurut para peserta tidaklah wajar menurut mereka dan menimbulkan kekacauan sehingga ujianpun diputukan untuk diganti dengan topik ujian lain atas saran ketua Netero. Dan pada akhirnya peserta yang tidak lolospun bisa menerima.

Tahap 3 Ujian Hunter
Kemudian pada tahap ketiga, tersisa 42 peserta yang lolos bertarung dengan para kriminal di trick tower yang telah disiapkan penguji, Trick Tower adalah sebuah penjara yang di desain berbentuk menara tinggi. Disinilah pertama kalinya Killua memperlihatkan tekhnik specialnya, dengan cara mengambil jantung lawan ketika berduel dengan tangan kosong dan cepat.

Tahap 4 Ujian Hunter
Adalah ujian memburu dan diburu. Dimana para peserta telah ditentukan nomor targetnya melalui undian, harus mengumpulkan poin yang didapat dari nomor peserta lain, apabila tidak memenuhi jumlah yang ditetapkan maka mereka tidak akan lolos. Dan apesnya lagi yang menjadi target Gon adalah Hisoka, pesaing yang paling dikhawatirkan diujian kali ini. Dengan latihan yang keras, Gon berhasil merebut nomor pin Hisoka ketika dia lengah. Tapi sayang, Gon tiba-tiba diserang oleh orang yang mengincarnya diam-diam. Tak berlangsung lama Hisoka merebutnya kembali, dan memberikan Pinnya kepada Gon karena terkesan dengan apa yang telah dilakukan Gon. Tetapi Gon bersikeras tak mau menerimanya karena tak mau dikasihani, tak banyak basa-basi Hisoka memukul Gon dan berkata Gon bisa mengembalikannya kapanpun ketika dia bisa memukul Hisoka.

Tahap 5 Ujian Hunter (Final)
Pada tahap final ini menggunakan system turnamen, peserta yang bertarung dinyatakan kalah apabila "menyerah". Sayang sekali 2 dari 9 peserta yang tersisa harus gagal pada tahap Final. Terlebih Killua yang harus dengan terpaksa menyerah karena didiskualifikasi setelah membunuh Bodoro karena intimidasi dari ilumi yang ternyata adalah kakak Killua sendiri. Pada saat itu Gon yang sedang terkapar setelah pertarungan kerasnya diberitahu dan mengkonfirmasikan kepada ilumi, dan bertekad akan membawa Killua pergi dari Rumahnya, di gunung Kukuru.


Sumber : Hunter X Hunter Lover, Wikipedia, dan Wikia